Pages

Pages - Menu

Minggu, 02 Desember 2012

Makna mengucapkan Terimakasih dan Membalasnya

"Terimakasih" kata yang sudah tidak asing di telinga kita. Tapi sudahkah Anda mengucapkan terimakasih atas apa yang orang lain berikan kepada Anda?

 Manusia adalah mahluk sosial yang tidak pernah bisa hidup tanpa ada bantuan dari orang lain. Oleh karena itu jelas didalam kehidupan sehari-hari manusia berinteraksi dengan manusia yang lain untuk hal-hal apapun itu. Baik itu di lingkungan keluarga, sekolah, tempat kerja, pasar, dll. Namun sudahkan Anda mengucapkan terimakasih kepada orang yang telah membantu atau memberikan sesuatu kepada Anda?

"Terimakasih" sebuah kata yang sederhana tapi menyimpan kekuatan dan makna yang begitu dalam tetapi belum tentu semua orang dapat mengucapkannya dengan ikhlas. Mengucapkan terimakasih berarti menghargai apa yang telah orang lain berikan kepada Anda dan sebagai rasa syukur kita kepada Allah atas apa yang diberikan kepada kita. Dengan mengucapkan terimakasih orang lain akan merasa dihargai karena telah memberikan kontribusi kepada diri kita. Pengucapan disaat yang tepat dapat menumbuhkan rasa yang begitu dalam pada diri seseorang.
Namun sering kali kita merasa berat untuk mengucapkannya terlebih kepada orang yang kita benci. Tetapi faktanya dengan berterimakasih kepada orang yang kita benci sekalipun dapat menghilangkan rasa dendam yang ada dalam diri seseorang sekaligus dapat mencairkan suasana.

Menjawab ucapan terimakasih juga tidak kalah pentingnya dengan mengucapkan terimakasih. Dengan menjawab ucapan terimakasih dari seseorang, maka orang tersebut juga akan merasa lebih dihargai karena telah mendapatkan respon yang positif dari orang yang berterimakasih kepada kita.

Bagaimana pandangan Islam mengenai berterimakasih?

Rasulullah mengajarkan kita untuk selalu berterimakasih kepada sesama yang telah membantu kita karena pada hakikatnya mengucapkan terimakasih atas kebaikan yang telah diberikan orang lain kepada kita adalah sama dengan mengucapkan syukur atas apa yang telah Allah berikan kepada kita.

Rasulullah menjelaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi

مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ

"Barang siapa tidak berterima kasih kepada manusia, dia tidak berterima kasih kepada Allah" (HR. Ahmad, dishahihkan oleh Al-Albani)


Islam juga menganjurkan ucapan terimakasih yang baik adalah ucapan terimakasih yang disertai dengan doa. Ucapan terimakasih yang disertai doa adalah dengan mengucapkan kata "jazaakallah khairan" (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan) sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah dalam hadistnya yang berbunyi 

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ

  
"Barangsiapa diperlakukan baik oleh orang lain kemudian ia berkata kepadanya "jazaakallah khairan" (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya" (HR. Tirmidzi, Al Albani berkata: "shahih")


 Ucapan "Jazaakallah khairan" adalah jika yang kita mengucapkan terimakasih untuk laki-laki. Untuk perempuan maka kita ucapkan dengan "jazakillah khairan". Jadi huruf "kaf" dikasrah. Pada ikhwan (bentuk mudzakkar) huruf "kaf" difathah.

 Lalu bagaimana cara menjawabnya?
Belum ada hadist yang menjelaskan tentang cara menjelaskannya. Namun beberapa ulama berpedapat kita dapat menjawabnya dengan ucapan "amin" atau "afwan". Wallaahu a'lam bish shawab.

Jika kita belum bisa menghargai pertolongan atau bantuan dari orang lain dengan ungkapan yang mewah atau istimewa, mengucapkan terimakasih merupakan bentuk sederhana dan mudah dilakukan. Dan sudah merupakan sebuah ungkapan yang istimewa dan bermakna.
 
Jadi sudah siapkah Anda untuk menebar kebaikan dengan membiasakan untuk berterimakasih dan membalas ucapan terimakasih dari orang lain?

Terimakasih kepada Anda yang sudah membaca artikel ini
Terimakasih juga kepada Google, Blogspot, dan Wordpress  sebagai sumber referensi saya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.
Dan semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About